Kamis, 06 Mei 2021

PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA LOLOS PROGRAM KERJASAMA & IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA 2021

 


Nganjuk. Menghadapi era revolusi industry 4.0, kementerian pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia meluncurkan kebijakan baru di bidang pendidikan tinggi melalui program “Merdeka Belajar- Kampus Merdeka (MBKM)” yang saat ini mulai diterapkan oleh perguruan tinggi . Kebijakan  ini dalam rangka menyiapkan lulusan perguruan tinggi yang memiliki daya saing tinggi dalam persaingan global. Lulusan pendidikan tinggi Link and match tidak hanya dengan dunia usaha dan dunia industri saja tetapi juga dengan masa depan yang semakin cepat mengalami perubahan.  

Setelah melalui proses seleksi yang cukup ketat, Kemendikbud merilis pengumuman penerima hibah kerjasama Merdeka Belajar Kampus Merdeka pada Kamis, 15 April 2021. Kampus STKIP PGRI Nganjuk yang menjadi satu-satunya Kampus di Kabupaten Nganjuk dipercaya menjadi salah satu penerima hib ah kerjasama MBKM Tahun 2021. Sebuah pencapaian yang baik dari sebuah program yan g lahir di masa pandemi covid 19, dengan problematic dan kendala dalam propses pembelajaran yang diarsakan oleh dunia pendidikan khususnya Pendidikan tinggi.

Diperoleh dari informasi Kementerian Pendidikan dan kebufdsyaan melalui suratnya menetapkanm Indeks Kinerja Utama (IKU) sesuai Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 754/P/2020 tentang Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi Negeri Dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Delapan IKU yang telah ditetapkan sebagai berikut.

1.  Kesiapan kerja lulusan (IKU 1)

Persentase lulusan S1 yang berhasil: a. mendapat pekerjaan; b. melanjutkan studi; atau c. menjadi wiraswasta.

2.  Mahasiswa di luar kampus (IKU 2)  Persentase lulusan S 1 yang: a. menghabiskan paling sedikit 20 (dua puluh) sks       di luar kampus; atau b. meraih prestasi paling rendah tingkat nasional.

 3. Dosen di luar kampus (IKU 3)

Persentase  dosen  yang  berkegiatan  tridarma  di  kampus  lain,  di  QS100 berdasarkan bidang ilmu (QS100 by subject), bekerja sebagai praktisi di dunia industri, atau membina mahasiswa yang berhasil meraih prestasi paling rendah tingkat nasional dalam 5 (lima) tahun terakhir.

4. Persentase dosen tetap (IKU 4)

Kualifikasi  Dosen  a.  berkualifikasi  akademik  S3;  b.  memiliki  sertifikat

kompetensi/ profesi yang diakui oleh industri dan dunia kerja; atau c. berasal  dari kalangan praktisi profesional, dunia industri, atau dunia kerja. 5. Penerapan riset dosen (IKU 5)

Jumlah keluaran penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berhasil

mendapat rekognisi internasional atau diterapkan oleh masyarakat per jumlah

dosen.

6. Kemitraan akademik (IKU 6)

Persentase program studi S1 yang melaksanakan kerja sama dengan mitra. 7. Pembelajaran kelas (IKU 7) Persentase mata kuliah S1 yang menggunakan metode pembelajaran pemecahan kasus (case method) atau pembelajaran kelompok berbasis proyek (team based project) sebagai sebagian bobot evaluasi.

8. Akreditasi Internasional (IKU 8) Persentase   program   studi   S1   yang   memiliki   akreditasi   atau   sertifikat internasional yang diakui pemerintah.

 

Wakil Ketua 1 Bidang Kurikulum dan Akademik STKIP PGRI Nganjuk, Bapak Dr. H. Suharto, M.Kes mengatakan, kampus sebagai pencetak perencana di masa depan harus mampu menanggapi tuntutan atas pembangunan yang berkelanjutan, inklusif, inovatif, dan cerdas. Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka merupakan jawaban sekaligus tantangan atas kebutuhan tersebut. Beliau juga sangat mendukung dan memotivasi seluruh program studi yang ada di STKIP PGRI Nganjuk untuk terus mengembangkan dan mengimplementasikan program ini secara optimal.

Lebih lanjut, Ketua Program Studi Pendidikan Matematika, Ibu Agustin Patmaningrum, M.Pd juga menyampaikan bahwa program MBKM yang dilaksanakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika akan dilaksanakan sebaik mungkin untuk membantu mahasiswa memperoleh pengalaman belajar yang maksimal. Beliau juga mengatakan bahwa dalam waktu dekat ini beliau dan tim akan melakukan peninjauan kurikulum dan melakukan penyesuaian mata kuliah – mata kuliah agar selaras dengan program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka.

 

 


Disqus Comments