Program Studi Pendidikan
Matematika telah menerapkan Kurikulum
Perguruan Tinggi berbasis KKNI pada tahun 2018. Pada Tahun 2020 dengan
adanya kebijakan Merdeka
Belajar Kampus Merdeka,
Program Studi Pendidikan Matematika juga melaksanakan perbaikan kurikulum. Dokumen
kurikulum Program Studi Pendidikan Matematika terdapat pada link berikut https://bit.ly/3zQ9Lrp. Profil
lulusan dan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi Pendidikan
Matematika terdapat pada tabel berikut: Tabel 6.1.2.1.1 Profil Lulusan dan
Deskripsinya
No |
Profil Lulusan (PL) |
Deskripsi Profil
Lulusan |
PL1 |
Pendidik matematika |
Lulusan Program Studi
Pendidikan Matematika dapat menjadi pendidik professional di bidang
matematika pada lembaga formal
maupun non formal
serta mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang
yang lebih tinggi
baik bidang pendidikan maupun pendidikan
matematika Pendidik Matematika yang profesional yaitu pendidik Matematika yang mampu: (1)
Menguasai konsep
Matematika dan menerapkannya dalam pembelajaran; (2)
Menguasai pedagogik; (3)
Mampu
memberikan alternatif solusi terhadap masalah di bidang pendidikan Matematika
melalui implementasi pendekatan, metode, model dan teknik
pembelajaran yang relevan; (4)
Memiliki sikap
religius dan menghargai nilai-nilai budaya; (5)
Bertanggungjawab, mandiri dan mampu bekerjasama dalam tim, serta
memiliki jiwa kepemimpinan |
PL2 |
Asisten Peneliti pendidikan matematika |
Pengkaji permasalahan pendidikan matematika dan mempublikasikan hasilnya dalam forum ilmiah,
berjiwa Pancasila, dengan didukung kemampuan berbahasa
Inggris dan penguasaan teknologi
informatika, serta memiliki potensi melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi yang
linear dengan bidang
penelitian pendidikan. Asisten peneliti yaitu profesi
membantu peneliti untuk
menyelesaikan tugas-tugas penelitian yang mampu: (1)
Membantu merencanakan kegiatan penelitian; (2)
Membantu atau
melakukan kegiatan penelitian sendiri di bawah
bimbingan; (3)
Menyebarluaskan hasil penelitiannya dengan
penuh tanggung jawab. |
PL3 |
Entrepreneurship |
Mempunyai kemampuan manajerial secara
mandiri maupun bekerja sama untuk menghasilkan barang dan jasa yang berhubungan dengan pendidikan maupun non pendidikan
matematika. Enterpreneur media
pembelajaran Matematika yaitu enterpreneur yang
mampu: (1) Mengembangkan media
pembelajaran Matematika yang inovatif untuk mendukung literasi data dan
literasi teknologi; (2) Mampu memanfaatkan media belajar untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran Matematika yang
inovatif. |