Senin, 24 Oktober 2016

Profil Lulusan

Program Studi Pendidikan Matematika telah menerapkan Kurikulum Perguruan Tinggi berbasis KKNI pada tahun 2018. Pada Tahun 2020 dengan adanya kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Program Studi Pendidikan Matematika juga melaksanakan perbaikan kurikulum. Dokumen kurikulum Program Studi Pendidikan Matematika terdapat pada link berikut https://bit.ly/3zQ9Lrp. Profil lulusan dan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi Pendidikan Matematika terdapat pada tabel berikut: Tabel 6.1.2.1.1 Profil Lulusan dan Deskripsinya

No

Profil Lulusan (PL)

Deskripsi Profil Lulusan

PL1

Pendidik matematika

Lulusan Program Studi Pendidikan Matematika dapat menjadi pendidik professional di bidang matematika pada lembaga formal maupun non formal serta mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi baik bidang pendidikan maupun pendidikan matematika

Pendidik Matematika yang profesional yaitu pendidik Matematika yang mampu:

(1)         Menguasai konsep Matematika dan menerapkannya dalam pembelajaran;

(2)         Menguasai pedagogik;

(3)         Mampu memberikan alternatif solusi terhadap masalah di bidang pendidikan Matematika melalui implementasi pendekatan, metode, model dan teknik pembelajaran yang relevan;

(4)         Memiliki sikap religius dan menghargai nilai-nilai budaya;

(5)         Bertanggungjawab, mandiri dan mampu bekerjasama dalam tim, serta memiliki jiwa kepemimpinan

PL2

Asisten Peneliti pendidikan matematika

Pengkaji permasalahan pendidikan matematika dan mempublikasikan hasilnya dalam forum ilmiah, berjiwa Pancasila, dengan didukung kemampuan berbahasa Inggris dan penguasaan teknologi informatika, serta memiliki potensi melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi yang linear dengan bidang penelitian pendidikan.

Asisten peneliti yaitu profesi membantu peneliti untuk menyelesaikan tugas-tugas penelitian yang mampu:

(1)         Membantu merencanakan kegiatan penelitian;

(2)         Membantu atau melakukan kegiatan penelitian sendiri di bawah bimbingan;

(3)        Menyebarluaskan hasil penelitiannya dengan penuh tanggung jawab.

PL3

Entrepreneurship

Mempunyai kemampuan manajerial secara mandiri maupun bekerja sama untuk menghasilkan barang dan jasa yang berhubungan dengan pendidikan maupun non pendidikan matematika. Enterpreneur media pembelajaran Matematika yaitu enterpreneur yang mampu:

(1)   Mengembangkan media pembelajaran Matematika yang inovatif untuk mendukung literasi data dan literasi teknologi;

(2)   Mampu memanfaatkan media belajar untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran Matematika yang inovatif.

 

Disqus Comments